Minggu, 12 Februari 2012

Tips Untuk Menjaga Kesehatan Tubuh

Mulailah Kehidupan dengan cara Hidup Sehat


1. Rajinlah berolah raga setiap pagi hari
Gaya hidup tanpa olahraga adalah hal yang kurang baik. Taukah Anda Olahraga adalah sarana refreshing, yang seharusnya dilakukan secara rutin dan intensif, agar seluruh tubuh dapat digerakkan secara menyeluruh sehingga menghasilkan panas tubuh dan memperlancar peredaran darah.
Gerakan dari setiap bagian tubuh dari olahraga merupakan upaya menyelenggarakan proses oksidasi sehingga karbon monoksida dapat bereaksi dengan oksigen. Sehingga, oksigen dapat diangkut ke jantung dan ke seluruh bagian tubuh. Dan ketika oksigen dikirim ke seluruh tubuh, maka darah menjadi segar dan jika darah tersebut memasuki setiap jaringan tubuh, maka jaringan tersebut menjadi segar sebab darahnya mengandung oksigen. Jadi dengan berolahraga kondisi tubuh kita dapat terjaga.

2. Konsumsi air putih minimal 8 gelas dalam sehari
Tahukah Anda manusia dapat bertahan hidup selama beberapa minggu tanpa makanan, tapi hanya dapat bertahan beberapa hari tanpa air. Tubuh manusia terdiri atas 55-75 persen air. Air menjadi salah satu unsur pembentuk dasar darah, enzim-enzim pencernaan, urin, keringat, dan bahkan terkandung dalam jaringan otot, lemak, dan tulang.
Karena tubuh tidak dapat menyimpan air, maka kita mengkonsumsi air untuk mengganti cairan yang sudah dikeluarkan dari berbagai organ vital tubuh dalam bentuk keringat, urin, kotoran, dan lain-lain. Jumlah air yang kita konsumsi tergantung pada metabolisme tubuh kita, suhu udara, cuaca, makanan yang kita konsumsi dan tentunya tingkat aktifitas yang kita lakukan. Ketika kita kekurangan mengkonsumsi air, maka tubuh kita akan cepat dehidrasi.

3. Menjaga kebersihan badan dan lingkungan sekitar Anda.
Tubuh mudah sekali diserang penyakit, apabila kurang menjaga kebersihan baik badan dan lingkungan. kondisi tubuh yang kurang terawat tersebut akan mudah diserang bakteri dan cacing, begitu pula dengan lingkungan yang kotor. Lingkungan yang kotor merupakan sarang bertumbuhnya bakteri dan organisme lain, yang dapat menyebar baik dari udara, air, maupun sentuhan. Oleh itu, Perlu di jaga, dan  diperhatikan kondisi tubuh dan lingkungan Sekitar Anda.

4. Aturlah pola makanan sehat Anda
Pengaturan pola makan dapat menjaga kesehatan, karena dapat menyeimbangkan kalori yang masuk dan energi yang dipakai oleh tubuh sehingga tidak mengalami kelebihan berat badan.  Makanan yang sehat setidaknya memiliki 3 kriteria, yaitu; 1.Jumlah makanan yang kita konsumsi, 2.Jenis makanan yang kita konsumsi, 3. Jadwal makan yang harus teratur. Itulah yang perlu diperhatikan. agar mendapat tubuh yang ideal, serta sehat. 

5. Perbanyak menkonsumsi buah dan sayur
Dengan mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran, kita dapat memperoleh nutrisi, mineral, dan vitamin yang dibutuhkan dalam tubuh kita. apabila kita kurang mengkonsumsi sayur dan buah-buahan, maka tubuh kita akan capat lelah, buang air tidak lancar, beri-beri dan sebagainya. Itu disebabkan peranan buah dan sayur di tubuh sangat penting. Kandugan serat yang banyak mampu memperlancar metabolisme tubuh, serta mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh.

6. Istirahat cukup
Istirahat sangat diperlukan oleh tubuh, untuk mengembalikan stamina atau energi yang telah dikeluarkan sebelumnya. Dengan beristirahat, kondisi tubuh kita dapat terjaga dan segala beban yang dirasakan oleh tubuh akan terasa ringan.Oleh sebab itu, beristirahatlah.


(sumber:http://www.hanyauntukanda123.blogspot.com/2010/06/cara-menjaga-kesehatan-tubuh.html)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar