Kamis, 09 Februari 2012

Mari Buang Sampah Pada Tempatnya

Sampah
Sampah adalah merupakan sebutan yang umum untuk limbah padat. Menurut sumbernya sampah terdiri dari tiga sumber, yaitu pertama sampah domestik yang berasal dari sampah lingkungan perkotaan dan pedesaan ; kedua sampah komersiil (organik dan anorganik) yang berasal dari lingkungan perdagangan seperti toko, pasar tradisional, pasar swalayan dll.; dan ketiga sampah alami lainnya, dedaunan, sisa bencana, sampah dari taman, kendaraan umum, terminal dll. Apabila di rinci, permasalahan sampah ini tidak ada habisnya, namun ada beberapa hal yang penting dapat
disebutkan disini yaitu masalah sampah yang dibuang sembarangan sehingga cenderung masuk ke selokan, sungai, dan terakhir sampai ke laut. Sampah yang tergenang di air akan menjadi busuk dan menimbulkan pencemaran, bau yang tidak sedap , penyakit, microorganisme. Fakta yang diperoleh bahwa sampah yang berasal dari plastik sangat membahayakan lingkungan kehidupan di laut. Sekitar 60-80% sampah yang ada di laut berupa sampah plastik. Kandungan bahan kimia yang ada dalam plastik mencemari laut dan menyebabkan ribuan satwa laut mati. Ribuan penyu, paus, dan mamalia laut lainnya mati karena memakan sampah plastik, yang disangkanya sebagai ubur-ubur. Tidak mengherankan apabila beberapa negara di dunia seperti Cina, Jerman, Irlandia, A.S , Inggris, berinisiatip untuk mengurangi sampah plastik ini. Tingkat kesadaran masyarakat yang relatif kurang menyebabkan perilaku penanganan sampah secara sembarangan.

Apa sih manfaat yang didapat dari buang sampah pada tempatnya?

1. Kebersihan lingkungan terjaga
Dengan membuang sampah pada tempatnya ,kebersihan diri Anda dan lingkungan Anda akan terjaga. Anda akan tampak lebih rapi dan dan cantik. Selain itu, Anda juga akan terhindar dari penyakit.

2. Sebagai teladan dan dipuji orang
Dengan membuang sampah pada tempatnya, Anda akan menjadi teladan bagi orang lain. Sekaligus Anda akan dipuji orang. Percayalah!!! Mungkin orang tidak mengungkapkannya secara langsung. Namun , dihati orang lain Anda telah dipuji. Anda bisa saja mentobatkan orang yang sembarangan membuang sampah melalui teladan Anda. Bayangkan!!!!

3. Kebiasaan yang baik
Tahukah Anda membuang sampah pada tempatnya adalah suatu kebiasaan yang baik dan sulit dimiliki orang umunnya???Namun bila dipupuk pasti akan tumbuh. Kebiasaan ini merupakan kebiasaan yang dapat dibanggakan.

4. Menjaga lingkungan
Membuang sampah pada tempatnya merupakan salah satu wujud cinta alam. Lingkungan akan bersih dan tampak sehat. Plus kerusakan lingkungan dapat dikurangi. Sampah adalah salah satu perusak lingkungan. Contohnya adalah limbah plastik. Limbah plastik dapat merusak tanah dan mematikann mikroorganisme yang hidup pada tanah. Hal ini akan berpengaruh pada ekosistem. Ketika Anda tidak bisa memperbaiki lingkungan,berhentilah merusaknya…..

5. Mencegah Banjir
Yap, dengan membuang sampah pada tempatnya, selokan tidak akan tersumbat.Ketika sampah tersumbat pada selokan,maka saat hujan akan terjadi banjir. Selokan akan tetap lancar dan tidak tersumbat jika Anda membuang sampah dengan benar. Anda pun tidak perlu repot dan stress.

6. Mencegah bau tak sedap
Nah,dengan membuang sampah pada tempatnya,bau tidak sedap pun bisa dihindari.
SEE THIS!!!
AYO JAGA LINGKUNGAN KITA DENGAN MEMBUANG SAMPAH PADA TEMPATNYA!!!!!


(sumber: http://sehatkitasehatbersama.wordpress.com/)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar