Rabu, 25 Januari 2012

Tips Menghilangkan Rasa Lelah

Terkadang kita sering menghabiskan waktu berjam-jam untuk melakukan aktivitas dengan komputer, baik untuk bermain game, browsing, maupun mengerjakan hal lainnya, yang secara langsung berhadapan dengan monitor. Dengan begitu, tanpa kita sadari tiba-tiba mata kita merasa lelah susah fokus dan terkadang merasa pusing, dan lainnya. 

Efek tersebut pun dapat muncul karena pancaran radiasi dari monitor saat kita terlalu lama mengunakan komputer. Hal tersebut secara
langsung dapat mempengaruhi kesehatan mata kita. Tapi apa boleh buat, kita sekarang berada di zaman IT, yang tak jauh dari yang namanya alat cangih “komputer”. Posting ini pun saya maksudkan agar Anda dapat lebih merasa “fresh”, dan lebih tenang dalam melakukan aktivitas  di depan komputer, serta memberikan kemudahan dalam mengatasi kelelahan mata saat didepan komputer. Di bawah ini merupakan tips menghindari mata lelah, saat berada di depan monitor:

1. Pergunakanlah monitor LCD, jangan yang CRT
Monitor tabung (CRT) memang memberi efek yang lebih buruk dibanding LCD, selain energi yang dibutuhkan juga lebih besar, monitor CRT ini memberikan pancaran radiasi yang cukup besar dibanding LCD. Oleh itu usahakanlah menganti monitor CRT kita dengan LCD. Walaupun harga monitor LCD memang lebih mahal dibanding CRT. Kalau Anda hitung-hitung,  monitor CRT juga membutuhkan energi besar yang secara langsung juga memerlukan biaya. Tapi bagi Anda yang masih menyenangi monitor CRT, ada baiknya kita membeli filter anti-radiasi sebagai solusi untuk mengurangi rasa nyeri mata akibat duduk berlama-lama di depan monitor.


2. Jaga jarak pandang Anda dengan monitor.
Apabila Anda berada terlalu dekat dengan monitor sebenarnya memang sedikit membahayakan bagi mata Anda. Seharusnya kita menjaga jarak pandang ke monitor kita dengan baik. Jarak yang disarankan adalah sekitar 20-40 inchi (50-100cm) dari mata. Jika Anda masih merasa kesulitan dalam membaca padahal monitor sudah berada pada jarak 20 inchi, cobalah untuk memperbesar font kita hingga Anda merasa nyaman. Apabila masih sulit melihat, Anda dapat mendekatkan jarak pandang tetapi yang pasti jangan terlalu dekat, kira kira di atas 15 inchi.

3. Mengatur settingan pada monitor
Kebanyakan monitor yang sekarang ini pasti menyediakan pre-set display mode, untuk memudahkan pengguna mengganti setting layar mereka. Pre-set setting tersebut memberi level brightness dan contrast yang berbeda, yang berguna untuk menyesuaikan kondisi tampilan monitor yang dapat diatur pengguna. Sebaiknya Anda usahakan mengaturnya.
Hal tersebut dilakukan misalnya menyetting tampilan untuk melihat ‘text’ atau ‘tampilan browsingan’, maupun ‘melihat Movie(Video)’ sehingga Anda dapat merasa lebih sejuk di mata.

4. Pergunakanlah kacamata Anti-Radiasi
Apabila monitor Anda tidak memiliki filter Anti-Radiasi, ada baiknya Anda membeli kacamata Anti-radiasi walaupun hal ini membutuhkan biaya yang relatif lebih mahal. Selain bisa dibawa kemanapun kita bekerja, kacamata ini tak hanya berguna saat kita bekerja di depan monitor, namuna juga melindungi mata dari cahaya lampu mobil, radiasi TV, dan sebagainya.
Faktanya lapisan anti-radiasi pada kacamata tersebut, sangat berguna bagi mata kita. Karena lapisan tersebut secara otomatis mengurangi efek nyeri di mata akibat radiasi cahaya berlebih.
 
5. Mengistirahatkan mata sejenak secara berkala
Mengistirahatkan mata sejenak secara berkala, inilah hal yang paling termudah untuk menghindari mata lelah akibat radiasi monitor. Cobalah untuk mengistirahatkan mata sekitar 5 menit tiap jamnya. Kita dapat menggunakan waktu 5 menit tersebut untuk jalan-jalan, melihat ke bagian lain “bukan kedepan monitor”, mencuci muka dan yang mudah adalah memejamkan mata beberapa detik dan berbagai hal lainnya. Dengan melakukan hal begitu, Secara langsung Anda dapat merenggangkan otot mata dan lensa mata, karena pada saat menggunakan komputer kita hanya terfokus kepada monitor.

Semoga hal ini dapat bermamfaat bagi Anda semua.

(sumber:http://www.hanyauntukanda123.blogspot.com/2010/11/menghilangkan-rasa-lelah-mata-ketika.html)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar