Selasa, 24 Januari 2012

Bahaya dan Ancaman Rokok bagi Kesehatan

Apa yang Anda pikirkan ketika melihat gambar tersebut? Begitulah yang akan Anda dapat ketika mengkonsumsi rokok. Bukan untuk bermaksud mengkagetkan, tetapi itu adalah kenyataan. Maka Tidak mengherankan Anda sering mendengar pembahasan tentang dampak maupun bahaya rokok. Dinegara Lain, peringatan akan Bahaya Rokok sangat keras, bahkan setiap rokok tercantum peringatan-peringatan keras, dan harga rokok pun dijual begitu mahal untuk mengurangi masyarakat yang mengkonsumsi rokok. Rokok mengandung lebih dari empat ribu zat-zat dan dua ribu diantaranya telah dinyatakan berdampak tidak baik bagi kesehatan kita. Zat rokok 200 diantaranya beracun dan 43 jenis lainnya dapat menyebabkan kanker bagi tubuh. Beberapa zat yang sangat berbahaya yaitu tar, nikotin, karbon monoksida, dsb.


Berikut ini adalah bahaya rokok terhadap kesehatan kita

Bagi perokok Aktif (orang yang menggunakan/mengkonsumsi rokok secara langsung)
rokok dapat menyebabkan Kanker pundi kencing,  Kanker perut,  Kanker usus dan rahim , Kanker mulut , Kanker Esofagus, Kanker tekak, Kanker pankrias, Kanker payudara, Kanker paru-paru, Penyakit saluran pernafasan kronik, Strok, pengkroposan tulang atau yang dikenal dengan osteoporosis, Penyakit jantung, Kemandulan, Putus haid awal, Melahirkan bayi yang cacat, Keguguran bayi, Bronkitis, Batuk, Penyakit ulser peptik, Emfisima, Otot lemah,Impotensi, Penyakit gusi, Kerusakan mata, dan lainnya.

Adapun gambaran Bagian-bagian yang rusak akibat Pengkonsumsi Rokok yang kritis:

Bagi perokok Pasif (orang yang menghirup langsung asap rokok)
Meningkatkan risiko kanker paru-paru dan penyakit jantung, Masalah pernafasan termasuk radang paru-paru dan bronkitis, Sakit atau pedih mata, Bersin dan batuk-batuk, Sakit kerongkong, Sakit kepala, dan lainnya.

Adapun perhitungan zat-zat yang terkandung dalam rokok,yaitu:

2 kali lebih banyak nikotin
5 kali lebih banyak karbon monoksida
3 kali lebih banyak tar
50 kali lebih zat kimia yang berbahaya bagi kesehatan

Kandungan Rokok Lainnya:
Terdapat dua bahan utama zat yang terkandung dalam setiap batang rokok yakni nikotin yang bersifat adiktif dan tar yang bersifat karsinogenik Selain kedua zat tersebut, masih terdapat zat-zat lain yang terkandung dalam rokok dan berakibat buruk terhadap sistem tubuh. Nainggolan (2000) mengungkapkan zat lain tersebut diantaranya :
  1. Karbonmonoksida: merupakan sejenis gas yang tidak berbau yang dihasilkan dari pembakaran zat arang atau karbon yang tidak sempurna. Gas ini memiliki sifat racun yang dapat mengurangi kemampuan darah membawa oksigen.
  2. Arsenic: sejenis unsur kimia yang digunakan untuk membunuh serangga. Nitrogen oksida: Unsur kimia ini dapat mengganggu saluran pernafasan bahkan merangsang kerusakan dan perubahan kulit tubuh.
  3. Ammonium karbonat: zat ini membentuk plak kuning pada permukaan lidah dan menggangu kelenjar makanan dan perasa yang terdapat dipermukaan lidah.
  4. Ammonia: merupakan gas yang tidak berwarna yang terdiri dari nitrogen dan hidrogen. Zat ini sangat tajam baunya dan sangat merangsang. Ammonia ini sangat mudah memasuki sel-sel tubuh
  5. Formic acid: jenis cairan yang tidak berwarna yang bergerak bebas dan dapat mengakibatkan lepuh. Cairan ini sangat tajam dan baunya menusuk.
  6. Acrolein: sejenis zat tidak berwarna, seperti aldehid. Zat ini diperoleh dengan mengambil cairan dari gliserol dengan metode pengeringan. Cairan ini sangat menganggu bagi kesehatan.
  7. Hydrogen cyanide: sejenis gas yang tidak berwarna, tidak berbau dan tidak memiliki rasa. Zat ini merupakan zat yang paling ringan, mudah terbakar dan sangat efisien untuk menghalangi pernapasan.
  8. Cyanide adalah salah satu zat yang mengandung racun yang sangat berbahaya. Sedikit saja cyanide dimasukkan langsung ke dalam tubuh dapat mengakibatkan kematian.
  9. Nitrous oksida: sejenis gas yang tidak berwarna, dan bila terisap dapat menyebabkan hilangnya pertimbangan dan mengakibatkan rasa sakit.Formaldehyde: zat yang banyak digunakan sebagai pengawet dalam laboratorium (formalin).
  10. Phenol: merupakan campuran yang terdiri dari kristal yang dihasilkan dari destilasi beberapa zat organic seperti kayu dan arang, selain diperoleh dari ter arang. Phenol terikat dengan protein dan menghalangi aktivitas enzim.
  11. Acetol: hasil pemanasan aldehyde (sejenis zat yang tidak berwarna yang bebas bergerak) dan mudah menguap dengan alkohol.
  12. Hydrogen sulfide: sejenis gas yang beracun yang gampang terbakar dengan bau yang keras. Zat ini menghalangi oxidasi enzim (zat besi yang berisi pigmen).
  13. Pyridine: cairan tidak berwarna dengan bau yang tajam. Zat ini dapat digunakan untuk mengubah sifat alkohol sebagai pelarut dan pembunuh hama.
  14. Methyl chloride: adalah campuran dari zat-zat bervalensi satu dimana hidrogen dan karbon merupakan unsurnya yang utama. Zat ini adalah merupakan compound organic yang dapat beracun.
  15. Methanol: sejenis cairan ringan yang gampang menguap dan mudah terbakar. Meminum atau mengisap methanol dapat mengakibatkan kebutaan dan bahkan kematian.
Lebih baik menjauhi rokok sebelum Anda mencoba, karena godaan Rokok cukup besar. Anda coba bahyangkan bahwa Apa pentingnya rokok bagi diri kita, dan perhatikanlah orang di sekitar kita yang  tidak merokok, buktinya sehat-sehat saja tanpa merokok. Dan bukan hanya itu saja, Anda dapat menghemat penghasilan Anda, apabila tidak mengkonsumsi rokok. coba perhitungkan saja:
1 hari mengkonsumsi kira-kira 1 bungkus, 1 bungkus paling murah Rp 5.000,-, Bila tidak mengkonsumsi selama 1 bulan. maka 30 hari x 5.000,- dan Anda akan Hemat Rp 150.000,- /bulan. Apabila tidak mengkonsumsi 1 tahun, maka Anda dapat menghemat sekitar Rp 1.800.000,-. Bukankah Itu lumayan besar.
Cobalah Anda Untuk Mengambil Hikmahnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar